Mengulik Sejarah Bisnis Online di Indonesia Beserta Pengaruhnya

Mengulik Sejarah Bisnis Online di Indonesia Beserta Pengaruhnya

Menurut data Bank Indonesia, transaksi bisnis online menunjukkan adanya kenaikan secara drastis sebesarRp 77,76 triliun. Angka tersebut bukanlah angka yang sedikit dan diprediksi akan terus naik karena tingginya tingkat konsumsi masyarakat. Tingginya angka tersebut membuktikan bahwa bisnis ini sudah berkembang pesat dan mendapat pengaruh juga dari kemajuan teknologi. Untuk menambah wawasan, Yuk simak bagaimana perkembangan dan pengaruh dari bisnis ini di Indonesia.

Sejarah dan Perkembangan Bisnis Online di Indonesia

Dilansir dari berbagai sumber, awal mula usaha online di Indonesia dimulai pada tahun 1994, ketika Indosat menjadi internet service provider pertama dan sekaligus memfasilitasi seluruh masyarakat Indonesia dengan menyediakan koneksi internet. Dengan koneksi internet ini, menjadikan banyak masyarakat Indonesia yang beralih ke hal baru, yaitu dengan membuka jualan online.

Andrew Darwis, pada tahun 1999 ia mendirikan forum bernama Kaskus. Selanjutnya, Bhinneka.com berdiri dan menjadi tempat jual beli online di tanah air. 4 tahun berselang, Tokobagus.com berdiri. Semakin maraknya toko online ini membuat Doku diluncurkan sebagai layanan uang elektronik. 2 tahun kemudian, Tokopedia berdiri. Toko online bertumbuh dengan kencang saat Go-jek didirikan tahun 2010.

Sampai saat ini, Tokopedia dan Go-jek terus melakukan inovasi dan berpengaruh besar pada perekonomian di tanah air. Kemudian bermunculan perusahaan-perusahaan yang bergerak di berbagai bidang. Tiket.com berdiri pada tahun 2011 . Setahun berselang, Idea dan Traveloka berdiri serta diadakannya Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas). Hingga kini, sudah tak terhitung lagi ada berapa banyak toko online atau layanan elektronik yang bermunculan.

Meskipun sudah banyak e-commerce yang bermunculan, tetapi pertumbuhannya yang diprediksi akan terus bertumbuh hingga angka yang tak terduga. Dengan adanya layanan elektronik ini juga dapat membantu dan mendukung pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Selain itu, juga memudahkan masyarakat untuk mendapatkan berbagai kebutuhan hanya dalam genggaman.

Pengaruh Bisnis Online di Indonesia

Banyak toko online yang berkembang dengan cepat dan memberikan pengaruh besar terhadap berbagai macam aspek terutama aspek ekonomi. Bisnis ini didomisili oleh pelaku UMKM. Menurut Mantan Menkominfo Indonesia, Rudiantara mengatakan bahwa sektor UMKM bisa menjadi roda penggerak ekonomi utama mengingat, pertumbuhannya semakin pesat dan diikuti kemajuan ekonomi online.

Saat ini banyak masyarakat Indonesia yang mampu memperjualbelikan barang dagangannya di dunia internasional. Sebagai contoh menjual kain khas Indonesia yaitu batik. Dengan bisnis ini juga membantu agar budaya bangsa Indonesia semakin dikenal dan diketahui oleh negara lain. Banyak hasil kerajinan tangan anak bangsa yang dapat juga diperjualbelikan. Hal ini membuktikan, jika pasar togel online memberikan dampak yang positif bagi perekonomian bangsa.

Pertumbuhannya membawa banyak pengaruh penting pada perekonomian Indonesia. Ada 3 hal yaitu lapangan pekerjaan, tingkat belanja masyarakat, dan pertumbuhan ekonomi daerah. Diperkirakan, sudah ada sekitar 4 juta tenaga kerja yang bekerja di bidang ini. Setiap tahunnya diprediksi akan naik dan terus merangkul banyak SDM di Indonesia. Dengan bisnis ini, kamu dapat meminimalisir pengeluaran belanjaan kamu dengan memanfaatkan fasilitas bebas ongkir.

Adanya toko online sangat membantu pertumbuhan ekonomi daerah. Banyak kota-kota kecil yang sebelumya susah dalam bidang ekonomi, kini mereka merasa terbantu dengan munculnya toko online. Munculnya usaha usaha kecil di Indonesia, merupakan salah satu penyebab pertumbuhan ekonomi di Indonesia ini bertumbuh dengan cepat. Meski demikian, pasar online ini masih belum merata terutama di daerah yang akses internetnya belum memadai.

Dari ulasan diatas, dapat dilihat bahwa perkembangan bisnis ini seperti sudah menjamur dikalangan masyarakat Indonesia. Seperti yang kita tahu, bahwa banyak perusahaan yang melakukan transaksi jual beli secara konvensional beralih menjadi jual beli berbasis online. Selain mengikuti perkembangan teknologi, rupanya usaha online juga sangat berpengaruh terhadap perekonomian negara.