5 Cara Membuat Strategi Pemasaran agar Bisnis Online Viral

5 Cara Membuat Strategi Pemasaran agar Bisnis Online Viral

Salah satu bagian penting dari strategi pemasaran bisnis online yang efektif adalah konten. Yang mana konten ini bisa menjadi salah satu faktor yang memengaruhi user dalam menentukan keputusan pembelian. Konten akan berhasil ketika strategi pemasaran tersebut menjadi viral. Siapa yang tidak ingin kontennya viral? Setiap bisnis tentunya menginginkan kontennya menjadi viral. Meskipun membuat konten viral tidaklah mudah, berikut ini ada beberapa tips untuk membantu Anda.

  1. Buat dengan Kalimat Singkat, Padat, dan Jelas

Sebuah konten yang dibuka dengan kalimat yang disusun singkat, padat, dan jelas adalah kesempatan awal untuk menarik minat calon konsumen. Untuk itu, jangan membuat konten yang bertele tele namun juga tidak terlalu singkat. Ada baiknya berikan perhatian khusus, sehingga pembaca sebagai calon konsumen menjadi tertarik membaca hingga akhir. Kalimat ini bisa dibuat dari fakta fakta atau kalimat yang mampu memancing emosi dan rasa penasaran pembaca, bisa perlu gunakan kalimat tanya.

  1. Menggunakan Hastag

Hastag bisa dikatakan bentuk lain dari keyword atau tag yang dapat terhubung ke berbagai platform online. Selain memudahkan konten menjadi viral, hastag juga bisa digunakan untuk membuat konten atau bisnis mendapatkan perhatian di sosial media. Menurut penelitian, hastag bisa meningkatkan kemungkinan repost atau retweet konten hingga 50 %. Sehingga pada penggunaannya, hastag ini bisa ditambahkan di setiap konten dari bisnis yang akan di post atau di share.

  1. Tambahkan Gambar atau Foto

Bisa dikatakan gambar merupakan salah satu daya tarik dari sebuah konten. Oleh karena itu, jangan sampai lupa memasukkan gambar yang menarik dan juga berwarna. Konten yang disertai dengan gambar, akan sangat berpengaruh ketika media strategi pemasaran yang dilakukan bisnis online adalah media sosial seperti Instagram dan Facebook. Namun tentu saja, mencantumkan gambar dalam konten tidak boleh asal asalan.

Usahakan gambar yang dicantumkan dalam media pemasaran bisnis adalah gambar dari produk yang sesungguhnya, dan bukan mengambil dari internet. Selain itu, jangan lupa memilih gambar yang memiliki kualitas yang tinggi dan terbaik. Ketika pemasaran tersebut dilakukan pada blog atau website, maka usahakan mengunggah gambar pada setiap 300 kata. Jangan lupa, pakai ketentuan ukuran gambar yang tidak terlalu besar, namun cukup menarik.

  1. Tambahkan Opsi Share

Cara satu ini, khusus digunakan ketika Anda memilih promosi bisnis online dengan media website atau blog. Agar konten bisnis cepat mudah viral, maka dalam website atau blog sebaiknya dibuat ramah untuk berbagai sosial media. Oleh karena itu, pastikan menambahkan tombol share sosial media pada template website atau blog bisnis. Sehingga ketika konten menarik di mata pengunjung, mereka bisa langsung melakukan sharing ke akun media sosialnya masing masing.

  1. Unggah di Waktu yang Tepat

Sebagai pelaku bisnis Anda harus tahu bahwa terdapat waktu waktu yang dianggap tepat untuk mengunggah konten. Pelaku bisnis online yang profesional biasanya sudah paham mengenai waktu yang tepat ini. Namun sebenarnya waktu waktu ini bergantung dari tempat tinggal dan sasaran konten yang bisnis tuju. Dari beberapa sumber disebutkan bahwa waktu yang tepat untuk mengunggah konten agar mendapatkan social share tinggi adalah sekitar jam 11.30 hingga 13.00 dan jam 20.00 hingga 22.00.

Itulah 5 cara yang bisa dilakukan pelaku bisnis untuk bisa membuat konten menjadi viral di dunia maya. Akan tetapi dari berbagai tips yang dijelaskan dalam ulasan ini, yang paling penting adalah konten bisnis yang dibuat haruslah yang menarik dan berkualitas. Pasalnya bisnis yang berhasil dan sukses adalah bisnis yang berkualitas. Semoga informasi dalam ulasan ini bermanfaat untuk karir bisnis Anda.